Saturday, June 16, 2012

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat - "Sehat itu mahal dan memerlukan banyak usaha untuk mewujudkannya," kalimat seperti ini pasti sering kita dengar seolah menggambarkan bahwa untuk bisa tetap sehat dan bugar sangatlah sulit. Sebaiknya buanglah jauh-jauh pandangan sehat itu mahal karena yang mahal itu adalah sakit sebab kalau sampai sakit kita harus mengeluarkan banyak uang untuk berobat. Sehat juga bukan sesuatu yang sulit untuk didapatkan.

Memang ada banyak faktor yang bisa menentukan tingkat kesehatan seseorang namun ada beberapa foktor utama yang paling berpengaruh, Saya rangkum menjadi tips mudah menjaga tubuh agar tetap sehat.

Rutin Beraktivitas
Jika Anda tergolong orang yang malas beraktivitas itu akan mengarahkan Anda ke jalan yang bisa merusak kesehatan. Ketika kita makan baik yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai mineral lainnya setelah di serap oleh tubuh akan menjadi kalori / energi. Energi yang ada ini harus digunakan dalam bentuk aktivitas jika tidak maka akan menumpuk dan berpotensi menjadi lemak yang bisa menyebabkan obesitas.

Aktivitas rutin juga membuat semua organ tubuh bekerja lebih baik. kurang aktivitas bisa menyebabkan gangguan pencernaan [sembelit], berpeluang juga terjadi pembentukan batu kandung kemih juga terjadi penurunan kelemahan otot termasuk penurunan kekuatan tulang dan sendi.

Jadi sangat penting bagi Kita untuk tetap rutin beraktivitas baik secara fisik maupun psikologis untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap SehatMakanan dan Minuman Sehat
Makanan itu bagaikan bahan bakar pada mobil, jika bahan bakarnyanya berkualitas makan mesin akan bekerja lebih optimal. Begitu juga dengan manusia, makanan yang Kita makan bukan hanya mengandung sumber energi yang kita butuhkan namun terkadang juga berisi zat-zat yang kurang baik bagi kesehatan seperti bakteri dan zat kimiat berbahaya.

Selektif dalam memilih makanan itu penting usahakan juga tetap mengkonsumsi buah dan sayur organik karena yang dibutuhkan tubuh tidak hanya karbohidrat, protein, dan lemak saja tetapi mineral, vitamin, dan zat penunjang seperti kalsium, zat besi, dll. Perlu diingat makan sehat bukan hanya berdasarkan jenis dan bahanya namun sumber bahan baku dan proses pengolahan sangat penting, begitu juga dengan air minum harus benar-benar diperhatikan kualitasnya.

Tips ini adalah modal awal Kita dalam menjaga tubuh agar tetap sehat, tidak mahal juga tidak sulit yang terpenting bagaimana kesungguhan kita dalam menerapkannya. - Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Proses Mengapa Bisa Terjadinya Menggigil.

1 comment: